Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Penyaluran Bantuan PKH Tahap 1 Tahun 2023 Cair????

Kapan Penyaluran Bantuan PKH Tahap 1 Tahun 2023 Cair????

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) menanyakan kapan bantuan PKH tahap 1 cair. Sesuai yang mereka tau dari sosialisasi program PKH yang disampaikan pendamping sosial dan jika tidak ada perubahan kebijakan Kementerian Sosial, bantuan PKH tahap 1 semestinya sudah keluar pada bulan Januari.

Menurut time schedule yang telah ditentukan, bantuan PKH dicairkan sebanyak 4 kali penyaluran dalam kurun waktu 1 tahun. Dengan rincian waktu sebagai berikut :
  • Tahap 1 disalurkan pada bulan Januari
  • Tahap 2 disalurkan pada bulan April
  • Tahap 3 disalurkan pada bulan Juli
  • Tahap 4 disalurkan pada bulan Oktober
Walaupun sudah ada jadwal penyaluran demikian, tidak menutup kemungkinan ada perubahan atau kendala teknis sehingga jadwal mundur. Meski bulan Januari dan Februari telah berlalu, pendamping sosial menghimbau kepada para KPM agar tetap bekerja untuk menghidupi keluarganya. Jika sudah saatnya bantuan PKH tahap 1 disalurkan, pasti akan ada pemberitahuan, baik dari pendamping sosial maupun dari aparat desa.

Kementerian Sosial telah menganggarkan alokasi dana sekian trilyun untuk menyalurkan bantuan PKH pada tahun 2023. Itu artinya bantuan PKH pada tahun 2023 masih akan diterima KPM pada tahun ini dan tinggal menunggu jadwal penyalurannya saja. 

Sedangkan untuk nominal bantuan yang diterima setiap KPM berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain, tergantung dengan apa dan berapa komponen yang ada dalam 1 kartu keluarga. Kemungkinan untuk nominal ini tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya.

Nominal Bantuan PKH setiap komponen per tahap
  • Kategori ibu hamil: Rp750.000/tahap
  • Kategori balita usia 0-6 tahun: Rp750.000/tahap
  • Kategori anak sekolah jenjang SMA: Rp500.000/tahap
  • Kategori anak sekolah jenjang SMP: Rp375.000/tahap
  • Kategori anak sekolah jenjang SD: Rp225.000/tahap
  • Kategori penyandang disabilitas berat : Rp600.000/tahap
  • Kategori lanjut usia atau Lansia di atas 60 tahun: Rp600.000/tahap.
Pada tahap 1, saat ini belum diketahui bantuan PKH apakah nanti disalurkan melalui Bank Himbara atau PT. POS. Harapannya semoga bantuan tahap 1 dapat disalurkan sebelum lebaran bulan April nanti agar dapat dibelanjakan KPM untuk tambahan memenuhi kebutuhan dan pendidikan anak-anaknya.

4 komentar untuk "Kapan Penyaluran Bantuan PKH Tahap 1 Tahun 2023 Cair????"

  1. Saya ada kartu PKH tapi gak pernah dapat apapun........??????

    BalasHapus
  2. Saya pernah dapat PKh satu kali ..tapi bulan ini belum cair lagi

    BalasHapus
  3. baru satu kali saya dapat bantuan PKH
    bulan maret belum dapat

    BalasHapus
  4. Ibu saya dapat kartu pkh tahap 1,,tapi gak pernah dapat lagi,dari thn 2022 sampe sekarang pun gk pernah dapat,,,padahal adik saya umur nya 8 thn lo

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.