Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layanan Cek Bansos https://cekbansos.kemensos.go.id Yang Perlu Dipahami

Laman Cek Bansos https://cekbansos.kemensos.go.id

Kementerian Sosial telah menyediakan laman layanan cek bansos yang beralamat di https://cekbansos.kemensos.go.id dengan tujuan agar masyarakat dapat mengecek secara mandiri apakah seseorang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari kementerian sosial atau tidak. Ini merupakan salah satu bentuk transparansi kemensos dalam penyaluran bantuan sosial.

Bantuan sosial yang dapat dicek di laman tersebut antara lain :
  1. PKH (Program Keluarga Harapan)
  2. BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) / Bantuan Sembako
  3. BST (Bantuan Sosial Tunai) akan tetapi program ini sudah berhenti karena dulu adalah program penanggulangan dampak covid
  4. PBI-JK (Peserta Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan) atau KIS (Kartu Indonesia Sehat)
  5. BLT BBM (Bantuan Langsung Tunai Kenaikan Harga BBM) bantuan ini sifatnya sementara atau disalurkan hanya 2 tahap saja, dalam rangka menanggulangi dampak kenaikan harga BBM.
Untuk melakukan pengecekan, seseorang tinggal membuka laman cek bansos https://cekbansos.kemensos.go.id lalu melengkapi :
  1. Provinsi
  2. Kabupaten/Kota
  3. Kecamatan
  4. Desa/Kelurahan
  5. Nama Penerima (sesuai KTP)
  6. Lalu memasukkan kode chapta yang tersedia
Hasil pengecekan di laman cek bansos

Selanjutnya, jika nama yang dicari tersebut tercatat sebagai penerima bantuan sosial, maka akan muncul laporannya beserta jenis bansos yang diterima. Selain itu, juga menampilkan periode atau waktu kapan terakhir tercatat menerima bantuan tersebut. Sejak laman layanan cek bansos ini disediakan oleh kementerian sosial, ini sangat membantu masyarakat yang ingin mengetahui apakah tercatat sebagai penerima bansos atau tidak. 

Akan tetapi, ada beberapa catatan yang perlu dipahami jika ditemukan suatu nama di laman cek bansos tetapi yang bersangkutan tidak/belum menerima bantuan sosial. Untuk hal semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. ADA NAMA YANG SAMA DALAM 1 DESA. Karena di laman tersebut hanya menyebutkan nama penerima, tidak menutup kemungkinan yang terdaftar sebagai penerima bansos adalah orang lain yang memiliki nama sama di suatu desa.
  2. ADA PERBEDAAN EJAAN NAMA ANTARA KTP DENGAN BUKU TABUNGAN/KKS. Hal semacam ini mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  3. ADA PERBEDAAN NIK ANTARA KTP DENGAN BUKU TABUNGAN/KKS. Hal semacam ini juga mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  4. DIKATEGORIKAN SEBAGAI KELUARGA MAMPU. Karena bantuan sosial ditujukan untuk warga miskin.
  5. BELUM MENERIMA KKS DARI HIMBARA. Untuk beberapa kasus seperti ini, karena penerima tersebut merantau dan KKSnya masih di Bank. 
  6. GAGAL BUREKOL. Di beberapa kasus, ketika pengajuan buka rekening kolektif untuk penerima bansos, ada yang gagal burekol karena sudah memiliki rekening bansos PIP dari Kemdikbud atau sebab lain karena ada ketidaksesuaian data kependudukan antara KTP dan KK.
  7. BELUM DIMUTAKHIRKAN DATANYA / PROSES PEMUTAKHIRAN. Untuk kasus seperti ini terjadi apabila orangnya sudah meninggal dunia.
  8. Atau mungkin masih ada penyebab lain selain yang sudah disebutkan diatas.


20 komentar untuk "Layanan Cek Bansos https://cekbansos.kemensos.go.id Yang Perlu Dipahami"

  1. Tak ada bantuan untuk usaha kecilkh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada atau tidaknya bantuan untuk usaha kecil, bisa ditanyakan sama dinas umkm

      Hapus
  2. Hasil cekbansos menerima PKH setatus ya tapi keterangan pengurus apa arti dari pengurus itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengurus PKH merupakan salah satu anggota dari keluarga penerima PKH yg dipilih untuk mengurus anggota keluarga lain yg menjadi komponen PKH, biasanya ibu. Dan pengurus tersebutlah yang namanya tercantum dalam data bayar/KKS Himbara

      Hapus
  3. Kenapa beras gk keluar atau gagal kirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. beras g keluar periode kapankah yg dimaksud?kalau untuk periode september, BPNT disalurkan dalam bentuk uang tunai melalui kantor POS

      Hapus
  4. Balasan
    1. sesuai regulasi untuk tahap 4 dicairkan mulai bulan oktober

      Hapus
  5. Bantuan selalu salah sasaran orang kaya selalu dapat yang pendapatannya kurang hanya kuli harian tak perna dapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang bener2 miskin dan layak menerima bansos, segera melapor ke desa/kelurahan setempat agar dicek datanya dan kemudian jika layak agar diusulkan

      Hapus
  6. Mungkin aku ini sudah di pandang kaya, padahal kerja sehari untuk makan sehari, nyata nya aku nggak dapet bantuan apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang bener2 miskin dan layak menerima bansos, segera melapor ke desa/kelurahan setempat agar dicek datanya dan kemudian jika layak agar diusulkan

      Hapus
  7. Susah carinya karena nggak tercantum RT/RW nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke pemerintah desa setempat, dgn membawa bukti cetak halaman layanan cek bansos yg mencantumkan nama anda, biar bisa dipastikan apakah anda atau orang lain dgn nama yg sama

      Hapus
  8. Kok cuma nma aja yah bukan no ktp klo nma kan 1 desa bnyak yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke pemerintah desa setempat, dgn membawa bukti cetak halaman layanan cek bansos yg mencantumkan nama anda, biar bisa dipastikan apakah anda atau orang lain dgn nama yg sama

      Hapus
  9. Bagai mana jika kartu kks nya di ambil oleh pengurusnya dan gak di kembalikan lagi , sudah setengah tahun,? tak ada kabar sama sekali ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu diketahui, dalam hal bansos yg namanya pengurus adalah anggota keluarga dalam 1 KK yg ditunjuk sbg penerima bansos (pengurus) untuk 1 keluarga tersebut, jd sudah selayaknya jika kks dibawa oleh pengurus dalam keluarga penerima bantuan

      atau bisa dijelaskan pengurus yg mana yg anda maksud

      Hapus
  10. Kok saya nggak dapet bantuan apa apa ya, padahal udah saya ajukan, tapi kok belum ada respon. Knapa ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang benar sudah diajukan, ada proses dan waktu mulai dr verifikasi, penetapan penerima bansos, penerbitan kks, pendistribusian kks, penerbitan data bayar bantuan dsb

      Hapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.