Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Pendaftaran PKH Tahap 3 https://pkh38.my.id Beredar Lagi, Dipastikan HOAX

Link Pendaftaran PKH Tahap 3 https://pkh38.my.id adalah HOAX

Seakan tidak kapok dengan membuat link pendaftaran bantuan PKH fiktif yang beralamat di pkh38.my.id dengan tujuan penipuan dan pencurian data pribadi. Melalui berita ini, kami berpesan agar masyarakat tidak membuka link tersebut apalagi mengisi form yang ada. Informasi hoax "link pendaftaran bantuan PKH Tahap 3 melalui link https://pkh38.my.id" ini beredar di pesan berantai grup media sosial WA dan telegram.

Sebelumnya juga pernah beredar informasi hoax "Link pendaftaran PKH Tahap 2 pkh22.my.id" dan mungkin pembuatnya adalah orang yang sama. Akan tetapi saat ini link pkh22.my.id sudah tidak bisa diakses karena sudah diblokir. Penipu tersebut lalu membuat link baru dan disebarkan lagi melalui pesan berantai. Isi pesannya sebagai berikut : 
TELAH DIBUKA PENCAIRAN BANTUAN TAHAP 3!

Segera Daftarkan Diri Anda Sebelum Ditutup!
  1. Pencairan bantuan tidak dipungut biaya sepeserpun
  2. Buka websitenya dan segera daftarkan diri Anda untuk klaim bantuan PKH Tahap 3
  3. Batas pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 30 Agustus 2022
Klik pada link di bawah untuk mendaftar https://pkh38.my.id/
Setelah mendaftar pada link di atas bantuan PKH Tahap 3 akan disubsidikan setelah 24 jam.
Perlu diketahui, untuk penetapan penerima bantuan PKH ada mekanisme pendataannya sendiri. Mulai dari usulan yang dibahas dalam forum musyawarah desa yang melibatkan RT/RW/perangkat desa/LKMD/BPD/dll, lalu daftar hasil musdes dimasukkan dalam aplikasi SIKS Kemensos, selanjutnya pengesahan Bupati/Walikota melalui Dinas Sosial dan yang terakhir penetapan oleh Kemensos.

Syarat utama agar bisa diajukan ke dalam usulan penerima PKH adalah benar-benar warga miskin, sudah tercatat dalam sistem data kependudukan (Dukcapil) dan sudah terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Maka dari itu, melalui berita ini kami berharap agar masyarakat tidak percaya dengan informasi hoax yang beredar tentang link pendaftaran PKH. Jangan dibuka, jangan diisi formnya dengan identitas pribadi dan jangan disebarkan link informasi hoax tersebut.

(iay1404)

Posting Komentar untuk "Link Pendaftaran PKH Tahap 3 https://pkh38.my.id Beredar Lagi, Dipastikan HOAX"