Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Pendaftaran Bantuan PKH Tahap 4 yang Beredar di Media Sosial adalah HOAX

Link Pendaftaran Bantuan PKH Tahap 4 yang Beredar di Media Sosial adalah HOAX

Kementerian Sosial pada bulan November ini mulai menyalurkan bantuan sosial, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 4 Tahun 2022, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Sembako bulan Oktober November dan Desember, serta Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap 2. Pada tahap ini, Kementerian Sosial menunjuk PT POS sebagai lembaga bayar dalam penyaluran bansos-bansos tersebut.

Penerima bantuan tersebut adalah warga miskin yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan telah ditetapkan sebagai penerima bansos oleh Kementerian Sosial. Nominal bantuan PKH yang diterima setiap penerima berbeda-beda tergantung dari jumlah anggota keluarga dalam 1 KK yang masuk dalam komponen PKH. Untuk BPNT/Sembako, nominal bantuan yang diterima adalah Rp. 200.000,-/bulan, sedangkan untuk BLT BBM tahap 2 adalah Rp. 150.000,-/bulan.

Kabar turunnya beberapa bantuan tersebut, sontak digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan situasi untuk melakukan tindakan yang berindikasi penipuan dan pencurian data. Beredar lagi pesan berantai yang berisi HOAX melalui media sosial dengan judul TELAH DIBUKA PENCAIRAN BANTUAN PKH TAHAP 4. Pesan tersebut disertai dengan Link pendaftaran agar mendapat bantuan PKH Tahap 4 dengan cara memasukkan beberapa identitas pribadi.

Memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat mengenai link-link berbahaya dan keinginan mereka untuk mendapatkan bantuan sosial, membuat informasi hoax semacam ini semakin cepat beredar luas di masyarakat melalui media sosial. Tidak banyak yang menyadari bahwa data pribadi yang dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggunjawab ini dapat dimanfaatkan untuk kejahatan, contohnya untuk membuat akun judi online, pinjaman online, transaksi penipuan, dan aktifitas ilegal yang lain.

TELAH DIBUKA PENCAIRAN BANTUAN TAHAP 4!

Segera Daftarkan Diri Anda Sebelum Ditutup!
  1. Pencairan bantuan tidak dipungut biaya sepeserpun
  2. Buka websitenya dan segera daftarkan diri Anda untuk klaim bantuan PKH Tahap 4
  3. Batas pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 1 November - 30 November 2022
Klik pada link di bawah untuk mendaftar https://pkhtahap4.my.id/

Setelah mendaftar pada link di atas bantuan PKH Tahap 4 akan disubsidikan setelah 24 jam.
Melalui berita ini, kami sampaikan lagi bahwa informasi yang beredar tersebut adalah HOAX dan penipuan. Jangan percaya dan jangan mengisi data pribadi di link pendaftaran PKH yang tidak jelas. Apabila muncul link-link pendaftaran PKH baru lagi agar diabaikan saja. Karena Kementerian Sosial tidak pernah membuka pendaftaran dengan mekanisme seperti itu.
Perlu diketahui untuk mendapat bantuan PKH ada kriteria-kriterianya, informasi tersebut bisa dibaca pada berita Inilah 14 Kriteria Kemiskinan Sebagai Acuan Pantas Tidaknya Menerima Bantuan Sosial. Syarat untuk dapat didaftarkan bantuan PKH juga dapat dibaca pada berita Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Menjadi Syarat Penerima Bantuan Sosial. Alur pengajuan sampai dengan ditetapkan sebagai penerima PKH dapat dibaca melalui berita Rangkaian Proses, Alur dan Cara Mendaftar DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kementerian Sosial. Untuk mengetahui tercatat atau tidak sebagai peneri bansos dapat dilihat pada berita Layanan Cek Bansos https://cekbansos.kemensos.go.id Yang Perlu Dipahami. Sedangkan tata cara proses usulan data sera Verifikasi dan Validasi DTKS yang tertuang dalam Kepmensos Nomor 150 Tahun 2022 dapat dibaca pada berita Sosialisasi Kepmensos Nomor 150 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Proses Usulan Data Serta Verifikasi Dan Validasi DTKS / Bansos. Serta berita Cara Daftar PKH Secara Online atau Offline, Serta Kriteria Yang Layak Menerima Bantuan PKH.


1 komentar untuk "Link Pendaftaran Bantuan PKH Tahap 4 yang Beredar di Media Sosial adalah HOAX"

  1. Saya sebagai seoorg masyarakat
    Kepengen sekali dpat Pkh
    Sy tidak pernah dpat bantuan .
    Sbnyak 300 RB aja Skali kluar .sy sngat bersyukur .
    Sy seoorg ibu anak dua .dan menghidupi seoorg nenek tua yg tinggal dg sya .
    Hanya mnta keaadilan buat yg diatasan didesa ku bnyak sekali salah sasaran org yg mampu bnyak yg dapet PKH .tolong la data ulang kembali dn berikan of org2 yg membutuhkan 😔🙏

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.