Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PKH Pucakwangi Sukses Adakan Kelas Menulis untuk Anak SD dan SMP

PATI - Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati telah sukses mengadakan kelas menulis untuk anak peserta PKH dengan mengusung tema “PKH Junior Writer's Class”. Berlangsung mulai Selasa hingga Jumat, (10-13/7/2018).

PKH Junior Writer's Class diadakan di rumah salah satu Pendamping PKH Kecamatan Pucakwangi sekaligus pengelola TBM Rumah Akmali di Desa Pelemgede Rt  06  Rw 02, Kecamatan Pucakwangi,  Kabupaten Pati. 
Pendamping Sosial sedang memberikan materi tentang Menulis

Berangkat dari tema “PKH Junior Writer's Class”, kelas menulis hanya ditujukan untuk anak anak peserta PKH yang masih duduk di bangku kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

PKH Junior Writer's Class digagas oleh Wiwik Supriyanti selaku Pendamping PKH Kecamatan Pucakwangi sekaligus pengelola Rumah Pintar Nurul Ilmi,  Sokopuluhan,  Pucakwangi,  Pati.
Wiwik Supriyanti mengungkapkan, kegiatan itu bertujuan untuk mengisi liburan panjang agar anak-anak memiliki pengalaman yang berbeda dan mendapatkan ilmu tentang jurnalistik. Selain itu, ia juga berharap, karya tulis anak-anak nanti dibukukan dan diterbitkan. 

Pendamping sosial yang biasa dipanggil Wiwik itu juga pernah menulis dengan judul 'Bukan Sekedar Menjemput Rizqi' yang telah diunggah di Facebook   bahwa kegiatan Writer Class merupakan sarana Pendamping PKH yang memiliki hobi menulis untuk mencintai profesinya.

Kegiatan PKH Junior Writer's Class dihadiri 37 anak peserta PKH dari Desa Pelemgede dan Pucakwangi. Mereka antusias mengikuti kegiatan Writer's Class. “Tidak hanya mengikuti kelas, anak-anak juga mengerjakan tugas menulis yang diberikan oleh pemateri” jelas Wiwik.

Pemateri di PKH Junior Writer's Class adalah Wiwik Supriyanti dan Nur Hasanah. Keduanya merupakan pendamping PKH yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik. Meski begitu, Wiwik sapaan akrabnya, berharap, kedepan acara seperti ini bisa diadakan lagi dan mendatangkan pemateri dari luar yang lebih berkompeten.

Materi yang disampaikan berbeda setiap kali pertemuan, namun berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Hari pertama, materi yang disampaikan bertema 'Kenapa menjadi penulis?'. Hari kedua, materi dengan tema 'Menggali Ide.' Hari ketiga, materi dengan tema 'Menuangkan Ide dalam Tulisan.' Dan hari keempat,  materi dengan tema 'Menulis Cerita dengan Asik.'

“Materi disampaikan menggunakan metode dua arah. Tidak menggurui. Ssehingga anak-anak senang mengikutinya” Jelas Wiwik.
Di hari terakhir juga diumumkan lomba menulis yang bisa diikuti oleh semua peserta Writer Class dan anak anak peserta PKH se- Kecamatan Pucakwangi yang akan berakhir tanggal 29 Juli 2018. Para Pendamping PKH mengimbau agar semua tulisan peserta Writing Class yang telah dibuat diikutkan lomba.
KPM kelas penulis dan Pendamping Sosial Kec.Pucakwangi

Pengumuman lomba akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2018. Juara lomba adalah  terbaik satu, dua, dan tiga. Tulisan yang menarik juga akan dibukukan dan diterbitkan oleh Penerbit CV Al-qalam Media Lestari,  Kayen,  Pati.