Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KPM PKH Kecamatan Kayen Kab.Pati Menghias 14 Nasi Tumpeng untuk Peringati HUT RI ke 73

PATI -Lomba menghias nasi tumpeng antar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se Kecamatan Kayen menjadi puncak acara peringatan HUT RI ke 73 yang diselenggarakan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Kayen. Ahad (19/8/18).

“Lomba menghias tumpeng menjadi puncak acara sekaligus sebagai penutup dan diakhiri makan tumpeng bersama antar KPM dan Pendamping PKH. Sebelumnya sudah ada lomba paduan suara Mars PKH dan joget balon”. Kata Didik Triyono, penanggung jawab lomba.

Didik, sapaan akrapnya, menjelaskan salah satu alasan mengadakan lomba menghias tumpeng, karena nasi tumpeng tidak dapat dipisahkan dari budaya masyarakat Indonesia. Apalagi nasi tumpeng juga identik untuk memperingati hari hari penting.

Pendamping desa Jatiroto itu menambahkan, lomba ini juga bertujuan memupuk kreatifitas ibu ibu KPM untuk menghias nasi tumpeng. “Keterampilan KPM  dalam menghias nasi tumpeng perlu dikembangkan agar lebih mendapat nilai lebih”. Harap Didik.

Lomba berlangsung di dalam aula Kecamatan Kayen. Ketentuan lomba menghias tumpeng harus terdiri dari tiga orang. Ada 14 tim KPM penghias tumpeng dari delegasi 14 desa. Tiga desa tidak dapat mengikuti lomba di antaranya Desa Pesagi, Beketel, dan Srikaton.
suasana lomba menghias tumpeng
Lomba menghias tumpeng berlangsung seru. Peserta lomba beradu kreasi. Sebagian ada yang membuat tumpengan lancip kerucut ada juga yang lancip berundak. Kemudian ada juga yang merangkai tulisan “HUT RI KE 73” dari potongan wortel. Lebih unik lagi, setiap pucuk tumpeng tertancap bendera merah putih berukuran kecil. 

Agus Supriyanto, Koordinator PKH Pati, juga turut hadir beserta keluarga dan menyaksikan langsung proses lomba menghias nasi tumpeng. Menurutnya, lomba ini sangat menarik.

“Saya berharap pendamping PKH Kayen makin solid. Menjadi pendamping yang mampu mengubah pola pikir KPM untuk menjadi lebih maju. Lomba menghias tumpeng menjadi sarana untuk menampilkan kreatifitas KPM kemudian bisa dikembangkan lebih lanjut”. Harap Agus.
Bertindak sebagai dewan juri, Sumartini, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program dan Keuangan Kecamatan Kayen didampingi Tatik Rahayu salah satu Staf di Kecamatan Kayen. Agus Supriyanto, Koordinator PKH Pati, juga bertindak sebagai dewan juri langsung didampingi istrinya.
“Rangakain acara lomba PKH Kayen sangat bagus. Cukup meriah, karena mendatangkan peserta se kecamatan Kayen. Semoga acara seperti ini bisa diagendakan lagi tahun depan. Dengan desain acara yang lebih meriah lagi”. Harap Suhartini. 

Penyerahan hadiah oleh Kasubag Keuangan Kec.Kayen
Hasil penilaian dari seluruh dewan juri, menetapkan Desa Kayen sebagai pemenang lomba menghias tumpeng. Penyerahan hadiah dan piala langsung diberikan Suhartini kepada perwakilan KPM Desa Kayen.