Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah KPM Roboh, PKH Pati Peduli Bantu Membangun Kembali


Serah Terima bantuan dari PKH Pati Peduli kepada keluarga Ibu Surati
Gunungwungkal, pkhpati.com - Senin, 12 Maret 2018 PKH Pati Peduli beserta pendamping PKH Kecamatan Gunungwungkal mendatangi rumah ibu Surati di desa Jembulwunut kecamatan Gunungwungkal. Disaksikan oleh ibu Nur Hasanah selaku ketua kelompok dan bapak Ahmad selaku Kaur Kesra desa Jembulwunut, ketua PKH Pati Peduli bapak Supriyanto menyerahkan bantuan kepada ibu Surati.

Kejadian bermula pada Rabu tanggal 7 Februari 2018, wilayah kecamatan Gunungwungkal dan sekitarnya diguyur hujan deras disertai angin kencang. Hal tersebut menyisakan duka bagi ibu Surati, salah satu peserta PKH desa Jembulwunut. Pasalnya, bencana ini menyebabkan rumah ibu Surati hampir roboh.

Tiang penyangga rumah yang sudah rapuh dimakan usia. Dinding berupa anyaman bambu yang sudah rusak. Serta belum adanya pondasi, menyebabkan rumah ndoyong(miring) menahan beban berat atap genteng yang semakin berat karena basah diguyur air hujan seharian.

Nek gak mbok rubuhke, ngko malah ombok-ombok” (kalau tidak dirobohkan, maka akan memakan biaya yang jauh lebih besar), begitu ibu Surati menirukan apa yang disampaikan oleh para tukang. 

Dan akhirnya ibu Surati dan keluargapun pasrah rumah yang selama ini digunakan untuk berlindung dari panas dan hujan akhirnya dirobohkan.

Setelah kejadian tersebut, keluarga ibu Surati terpaksa mengungsi ke rumah saudara. Dalam ketidakberdayaan, ibu Surati mencoba meminta batuan dari tetangga, saudara, pemerintah desa maupun para pengusaha yang ada di wilayah Gunungwungkal.

Usaha beliau berhasil mendapatkan bantuan berupa material atau bahan bangunan. Antara lain batu kali, semen, pasir, batu bata, dan kayu. Bantuan juga datang dari Palang Merah Indonesia(PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) kabupaten Pati berupa bahan makanan dan  perlengkapan sekolah.

Hasil dari koordinasi pendamping PKH dengan ibu Surati, bantuan diperkirakan sudah cukup untuk mendirikan bangunan. Akan tetapi masih kurang yaitu atap. Oleh karenanya PKH Pati Peduli sepakat memberikan bantuan untuk membangun atap rumah.

Proses penurunan genteng dan kerpus/nok dari truk
Hari minggu tanggal 11 Maret 2018, batu pertama pembangunan rumah ibu Surati dimulai. Untuk memberikan tambahan semangat supaya harapan menempati rumah segera bisa direalisasi, maka PKH Pati Peduli pada hari Senin tanggal 12 Maret 2018 menyerahkan bantuan untuk membangun atap rumah berupa 1.500 genteng dan 28 kerpus/nok.

Genteng sampai di lokasi sore hari, langsung diterima oleh keluarga ibu Surati. Raut sumringah terpacar dari wajahnya dan keluarga sembari sang suami membantu menurunkan genteng dari bak truk.

Matur nuwun pak, mas, mbak, mugo-mugo berkah manfaat”(terimakasih pak, mas, mbak, semoga berkah manfaat), kata ibu Surati sambil menyalami pendamping PKH yang pamit pulang.


Oleh: Pendamping Sosial Kecamatan Gunungwungkal