Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDM PKH Kabupaten Pati Melaksanakan Instruksi Kemensos Untuk Verval Data Kemiskinan Menggunakan Aplikasi SIKS Mobile

Verval Data Kemiskinan

SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Pati dengan penuh semangat melaksanakan tugas verifikasi dan validasi data kemiskinan. Dasar perintah tugas ini tertuang dalam surat Dir. Jamsos Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial nomor 1321/3.4/DI.02/9/2022 tanggal 27 September 2022 tentang Penugasan Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan. Kegiatan verval tersebut dimulai dari 28 September 2022 sampai dengan 7 Oktober 2022.

Tidak hanya Pendamping Sosial yang mendapatkan tugas verval data kemiskinan, akan tetapi Administrator Pangkalan Data (APD) yang sebelumnya bertugas di kantor Dinas Sosial menangani data juga turut mendapat tugas turun ke lapangan. Total ada 191 SDM PKH Kabupaten Pati yang terdiri dari 86 Pendamping Sosial dan 5 Administrator Pangkalan Data (APD). Mereka melakukan verval sesuai wilayah kerja yang sudah termapping dalam aplikasi SIKS Mobile (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial melalui ponsel).

Aplikasi SIKS Mobile dibuat oleh Kementerian Sosial untuk melakukan pendataan target verval. Dan hanya petugas-petugas yang ditunjuk yang dapat mengakses dan mengoperasikannya. Aplikasi ini berjalan di sistem operasi android dan membutuhkan koneksi internet. Sehingga jika di suatu daerah verval tidak ada koneksi internet, kita tidak bisa menggunakan aplikasi SIKS Mobile.

Lokasi tugas verval setiap SDM PKH sudah disesuaikan dengan domisili atau KTP masing-masing. Tujuannya agar antara rumah dengan lokasi verval tidak terlalu jauh. Jumlah data by Name by Address (BNBA) yang diverval secara keseluruhan se-Kabupaten Pati ada 28.443 orang yang tersebar di 21 kecamatan. Setiap SDM PKH mendapat tugas verval yang jumlahnya beraneka ragam, mulai dari 38 sampai dengan 200 orang. 

Sebelum turun ke lapangan, SDM PKH berkoordinasi dengan pihak terkait, yaitu Camat dan Kepala Desa/Lurah beserta jajarannya sesuai penempatan wilayah verval. Hal ini bertujuan agar beliau mengetahui dan turut mendukung kegiatan verval ini. Sehingga verval berjalan maksimal dan diharapkan selesai sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh Kementerian Sosial.

Adapun tujuan kegiatan verifikasi dan validasi data kemiskinan ini antara lain untuk mengecek keberadaan, mencatat kondisi sosial ekonomi, mengisi beberapa isian dalam kuesioner, dan memotret rumah tempat tinggal nama-nama yang masuk dalam BNBA. Verval ini tidak serta merta bertujuan untuk memberi bantuan sosial. 

Dari hasil verval yang sudah berjalan, ada diantaranya yang sudah meninggal dunia, pindah alamat, tidak ditemukan, mampu sosial ekonomi, pengusahan sukses, ada juga yang merupakan aparatur desa dan seorang PNS/TNI/POLRI. Dari kondisi-kondisi tersebut, selanjutnya kami catat dan kami laporkan melalui aplikasi SIKS Mobile sesuai SOP yang telah ditentukan serta sesuai dengan kondisi di lapangan yang sebenar-benarnya.

Kendala di lapangan yang kami alami antara lain ada beberapa daerah yang tidak ada koneksi internet, sehingga kami merekap dan foto secara manual, selain itu saat ini sudah memasuki musim penghujan akan tetapi tidak menyurutkan niat kami untuk tetap melaksanakan tugas ini sampai akhir. 

Terima kasih kepada Camat, Kepala Desa, Lurah, Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkantibmas, KPM PKH dan semua pihak yang turut membantu tugas kami dalam melaksanakan verval data kemiskinan.

Kegiatan verval data kemiskinan SDM PKH dibantu perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkantibmas

 

Posting Komentar untuk "SDM PKH Kabupaten Pati Melaksanakan Instruksi Kemensos Untuk Verval Data Kemiskinan Menggunakan Aplikasi SIKS Mobile"