Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar PKH Secara Online atau Offline, Serta Kriteria Yang Layak Menerima Bantuan PKH

Program Keluarga Harapan

Akhir-akhir ini banyak beredar di internet, informasi yang cenderung menyesatkan tentang bagaimana cara mendaftar bantuan PKH. Informasi tersebut ditulis di berbagai alamat website, baik yang memiliki rating rendah maupun website dengan rating tinggi. Link berita cara daftar PKH tersebut kemudian dishare di berbagai media sosial untuk menarik pembaca. Dan tidak jarang pula, link tersebut diiklankan agar semakin banyak yang mengakses dan meraih posisi tertinggi di mesin pencarian google.

Judul berita dibuat bombastis dilengkapi dengan narasi cara cepat untuk mendapatkan bantuan PKH. Tentu semakin banyak pengunjung website, akan semakin banyak pula peluang cuan yang mereka dapatkan. Judul dan narasi seperti ini dibuat bertujuan untuk mengiming-imingi pembaca, padahal konten tersebut tidak sesuai dengan regulasi pendaftaran PKH yang berlaku di Kementerian Sosial. 

Dan parahnya lagi, mereka tidak segan-segan membuat form pendaftaran palsu/sesat yang menyuruh mengisi identitas pribadi ke dalam form tersebut jika ingin mendapatkan bantuan PKH.  

Maka dari itu bagi semuanya saja yang sudah membaca informasi ini, jangan tertipu oleh pihak yang mengiming-imingi cara cepat untuk mendapatkan bantuan PKH di internet. Identitas pribadi seperti; NIK, Nomor KK, Nama, Alamat, Nomor HP dan identitas pribadi lainnya jangan asal diisi ke dalam form-form pendaftaran PKH yang tidak jelas siapa pemiliknya. Karena dengan identitas pribadi tersebut dapat digunakan untuk hal-hal yang merugikan, seperti judi online atau pinjaman online.

Perlu diketahui, PKH (Program Keluarga Harapan) merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Sosial yang memberikan bantuan uang secara nontunai melalui KKS (ATM Himbara). Yang menerima PKH adalah warga miskin yang memenuhi kriteria kemiskinan, memiliki komponen PKH dalam 1 KK (Kartu Keluarga), sudah masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), memiliki NIK yang sudah padan/online sistem Dukcapil, dan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai penerima PKH.

Komponen PKH meliputi :
1. Kesehatan
  • Ibu Hamil
  • Anak Usia 0 s/d 6 Tahun
2. Pendidikan
  • Anak yang terdaftar di SD atau sederajat
  • Anak yang terdaftar di SMP atau sederajat
  • Anak yang terdaftar di SMA/SMK atau sederajat
3. Kesejahteraan Sosial
  • Lanjut Usia diatas 60 Tahun
  • Disabilitas kategori berat (untuk kegiatan sehari-hari membutuhkan bantuan orang lain)
Sedangkan saat ini terdapat 2 jenis proses pendaftaran atau pendataan penerima PKH yang berlaku, yaitu cara online dan offline.

Cara Pendafatran PKH secara Online :
Aplikasi Cek Bansos
  1. Unduh dan Install Aplikasi Cek Bansos di Playstore/Appstore
  2. Registrasi / Membuat Akun
  3. Lengkapi identitas diri
  4. Masuk di Daftar Usulan
  5. Klik Tambah Usulan
  6. Isi data diri yang mau diusulkan PKH, lalu pilih jenis bansos PKH
  7. Apabila sudah selesai, selanjutnya menunggu proses verifikasi dan validasi
Cara Pendafatran PKH secara Offline :
  1. Masyarakat mendaftarkan diri ke balai desa / kantor kelurahan atau melalui usulan dari RT/RW ke desa / kelurahan.
  2. Usulan-usulan tersebut kemudian direkap menjadi daftar usulan awal untuk dibahas dalam forum musyawarah desa / kelurahan.
  3. Dalam forum musyawarah desa / kelurahan, dilakukan pembahasan untuk menentukan daftar usulan awal hingga menjadi daftar usulan akhir .
  4. Daftar usulan akhir hasil musdes / muskel diinput melalui Aplikasi SIKS https://siks.kemensos.go.id/. 
    • Upload berita acara musyawarah desa / kelurahan
    • Upload BNBA daftar usulan
  5. Selanjutnya, dilakukan pengesahan usulan daerah oleh Bupati / Walikota melalui Dinas Sosial Kab / Kota.
  6. Proses usulan data yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kab / Kota diteruskan kepada Menteri Sosial Republik Indonesia.
  7. Usulan data tersebut dilakukan pengolahan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.
  8. Verifikasi dan validasi lapangan oleh petugas yang ditunjuk untuk memastikan keberadaan dan kondisi ekonomi apakah memenuhi kriteria kemiskinan atau tidak.
Dan perlu dipahami, mulai dari usulan sampai dengan penetapan menjadi penerima bantuan PKH ada proses dan waktu. Serta tidak semua usulan akan secara otomatis menerima bantuan PKH karena harus melihat kondisi ekonominya dan memperhatikan 9 kriteria kemiskinan Kementerian Sosial. 

Banyak laporan kasus di lapangan yaitu membandingkan si A yang kondisi ekonominya sudah mampu kok dapat bantuan PKH. Kasus seperti ini bukan secara otomatis kondisi si A menjadi patokan untuk ikut menginginkan bantuan PKH. Tapi yang harus dilakukan adalah melaporkan si A ke Desa / Kantor Kelurahan, atau Dinas Sosial, atau Pendamping PKH yang mendampingi desa tersebut, agar si A yang dianggap mampu ini dicoret kepesertaan PKHnya jika benar-benar terbukti sudah mampu.


59 komentar untuk "Cara Daftar PKH Secara Online atau Offline, Serta Kriteria Yang Layak Menerima Bantuan PKH"

  1. Bagaimana cara biar dapat bansos

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara dapat bansos bisa memakai 2 cara diatas, akan tetapi syarat dan ketentuan berlaku

      Hapus
    2. pastikan NIK yg mau didaftarkan bansos statusnya sudah online dan padan dukcapil,

      jika masih mengalami kesulitan dalam pengajuan online, mungkin dapat dengan cara offline dengan mengajukan ke desa (syarat dan ketentuan berlaku)

      Hapus
  2. Saya tidak cemburu orang-orang mendapatkan bantuan PKH,tetapi kenapa saya tidak bisa mendapatkannya,jangankan PKH,bantuan yang lainpun saya tidak mendapatkannya, tolonglah adil wahai pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada rejeki lain selain dari bansos

      Hapus
    2. Sebenernya bukan maslah iri atau bagaimana tetapi banyak bantuan yang salah sasaran yang benar2 layak dan membutuhkan malah tidak terdaftar tetapi yang mampu , memliki pekerjaan tetap dan bisa di bilang tidak layak mendapatkan bantuan malah terdaftar bnyak bantuan yang salah sasaran tidak tepat di tangan penerima

      Hapus
    3. Betul banget, malahan bnyak orang kaya juga dapet bantuan PKH atau dana BBM

      Hapus
    4. bansos dari Kemensos seperti PKH dan BPNT ada prosedur dan mekanisme dalam pengusulan yg belum menerima, serta verifikasi terhadap mereka yg saat ini tercatat sbg penerima.

      Pihak desa memiliki kewenangan mengadakan musyawarah desa/kelurahan yg melibatkan pihak2 sesuai kewenangannya, untuk membahas dan mensepakati siapa saja yg harus diajukan dan siapa saja harus dicoret dari penerima bansos.

      jika ini benar-benar dijalankan, maka bantuan akan lebih tepat sasaran

      Hapus
  3. mohon di bantu saya mempunyai anak 3 dan masih kecil sedangkan dari penghasilan suami kurang untuk kebutuhan hidup kadang kasian melihat anak2 saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mendaftar bansos sudah disebutkan diatas, silahkan diikuti, akan tetapi ada syarat dan ketentuan yg berlaku

      Hapus
    2. assalamualaikum pak sya mau tnya kan sya asli smd na pindah ke berau tu apakah kita tetap dapat apa gak?

      Hapus
    3. pindah alamat dalam dokumen kependudukan juga menjadi salah satu penyebab bansos tidak cair, karena bisa saja status bansosnya dicabut di daerah asal karena sudah bukan warganya.

      solusinya, datang ke kantor desa yg skrg ditempati dan mengajukan diri sbg penerima bansos (S&K berlaku)

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum. Admin
    Baru saja saya mendaftarkan diri saya melalui aplikasi cek bansos.
    Dan saya mendapatkan pesan email. Bahwa saya di tolak. Dengan dasar alasan data diri saya tidak sesuai... Sedangkan semuanya yg saya isi itu sudah sesuai dengan data diri saya sesuai dengan KTP...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penulisan nama ttl dan alamat. pastikan sama persis sesuai yg tertulis di KTP

      Hapus
    2. Apakah kriteria sy sbgi keluarga miskin,yg memiliki tanggungan keluarga dan 3 orang anak yg sekolah.1 sekolah dasar 2.smp 3.sma. dan masih mengontrak.
      Tp tidak dapat bantuan apapun dari program pemerintah.naik PKH,BLT dan lain2. Mohon di bantu terakasih pak.

      Hapus
  5. Assalamualaikum sya tdk terdaftar di pkh sedangkan sya hamil dan punyah anak 4thn pak bantuan yg suami sya dapat Bantuan beras pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam

      ibu tercatat sebagai penerima BPNT atau sembako, untuk mekanisme usulan agar mendapat bantuan PKH bisa ibu bapak melalui laman https://www.pkhpati.com/2022/10/cara-daftar-pkh-secara-online-atau.html

      Hapus
  6. Jika waktu daftar ada keterangan error json parse, itu artinya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buka pakai perangkat lain

      Hapus
    2. Sama saya juga selalu eror..pke perangkat lain maksudnya pke apa ya

      Hapus
  7. Saya sudah mengajukan ingin mendaftarkan bansos, tapi belum ada konfirmasi apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. alangkah baiknya menghubungi pihak desa agar dilakukan musyawarah desa dan seterusnya sesuai mekanisme pengajuan bansos.

      Jika memang betul2 warga miskin dan layak menerima bansos, semoga suatu saat akan menjadi penerima bansos sesuai amanat UUD 1945 pasal 34

      Hapus
  8. Saya coba minta bansos secara oflen tapi aparat kurang tanggap.saya mau coba secara onlen mudah mudhan Mensos bisa masukan saya jdi anggota PKH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memang betul2 warga miskin dan layak menerima bansos, semoga suatu saat akan menjadi penerima bansos sesuai amanat UUD 1945 pasal 34

      Hapus
  9. Semenjak ortu sya mash ada smpai skrg sya dak dpat dbantuan pkh dan yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. alangkah baiknya menghubungi pihak desa agar dilakukan musyawarah desa dan seterusnya sesuai mekanisme pengajuan bansos.

      Jika memang betul2 warga miskin dan layak menerima bansos, semoga suatu saat akan menjadi penerima bansos sesuai amanat UUD 1945 pasal 34

      Hapus
  10. Kami gak butuh pkh ataupun bantuan lainnya,
    Asal cari kerja gampang dan harga kebutuhan pokok terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran rejeki pak/bu

      Hapus
  11. istri saya dari bulan mei tahun 2021 mendapatkan kartu pkh tetapi sampai sekarang belum ada isinya, tolong admin cemana caranya karna asal dihubungi pendamping pkhnya katanya belum validasi data. Kalau admin mau info KK nanti saya informasikan.Saya memiliki 6 anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicek kepesertaan Bansosnya di link https://www.pkhpati.com/2022/09/layanan-cek-bansos-httpscekbansoskemens.html

      Apabila statusnya terdaftar sebagai penerima bantuan sosial PKH maupun BPNT dengan periode waktu bulan saat ini, ditunggu saja mungkin belum dapat undangan

      Tapi kalau statusnya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial, baik PKH maupun BPNT dengan periode waktu bulan saat ini, maka anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial.

      Jika betul-betul WARGA MISKIN, bisa usul ke desa, selanjutnya desa melakukan musyawarah desa dalam menentukan layak tidaknya masuk sebagai penerima bantuan sesuai mekanisme dan aturan yg ada.

      Dan perlu diketahui, dari mulai usulan sampai dengan penetapan sbg penerima bansos ada proses dan waktunya.

      Hapus
  12. Yang dapat bansos malah orang yang kaya punya mobil punya pom bensin mini punya toko tetangga saya,menantunya perangkat desa,seharusnya pemerintah cek ulang data

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada penerima bansos yang mampu, sudah punya mobil atau sudah tidak layak menerima bansos, silahkan dilaporkan ke desa agar dilakukan musdes verifikasi kelayakan penerima bansos

      Hapus
  13. Pak pemerintah mohon di cek ulang data saya mohon supaya yang berhak mendapat bansos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicek kepesertaan Bansosnya di link https://www.pkhpati.com/2022/09/layanan-cek-bansos-httpscekbansoskemens.html

      Apabila statusnya terdaftar sebagai penerima bantuan sosial PKH maupun BPNT dengan periode waktu bulan saat ini, ditunggu saja mungkin belum dapat undangan

      Tapi kalau statusnya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial, baik PKH maupun BPNT dengan periode waktu bulan saat ini, maka anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial.

      Jika betul-betul WARGA MISKIN, bisa usul ke desa, selanjutnya desa melakukan musyawarah desa dalam menentukan layak tidaknya masuk sebagai penerima bantuan sesuai mekanisme dan aturan yg ada.

      Dan perlu diketahui, dari mulai usulan sampai dengan penetapan sbg penerima bansos ada proses dan waktunya.

      Hapus
  14. Saya janda 2 orang anak.
    Terkadang merasa pemerintah kurang adil...usulan blt .kip. sudah lama di serahkan... Sampai sekarang
    Blm dapat blt dan kip untuk anak sekolah. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ditanyakan lagi ke desa, apakah proses usulannya sampai mana

      Hapus
  15. Yang saya heran,,,yang saya heran knpaa orng yang lebih mampu dari saya lbih bercukupan malah pada dpt d banding keluarga saya apa,,, apa karna ada oknum yag memilih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika betul-betul WARGA MISKIN, bisa usul ke desa, selanjutnya desa melakukan musyawarah desa dalam menentukan layak tidaknya masuk sebagai penerima bantuan sesuai mekanisme dan aturan yg ada.

      Dan perlu diketahui, dari mulai usulan sampai dengan penetapan sbg penerima bansos ada proses dan waktunya.

      Hapus
  16. Saya sdh daftar pkh via app cek bansos.. Tetapi sdh berbulan bulan tdk ada respon alias belum dicek..

    BalasHapus
  17. Memang terasa tidak adil. Seperti yang saya rasakan. Dari rumah saja sudah kelihatan antara tidak mampu dan mampu Kalau bisa rumah saya difoto dan dibandingkan dengan tetangga yang dapat bantuan ini dan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada penerima bantuan yg kaya, silahkan dilaporkan ke desa, pendamping PKH atau dinas sosial setempat

      Hapus
  18. saya tidk pernh dpt bntuan padahal sy punya anak sekolah, sedangkan tentangga sy tidak punya anak tpi malah dpt pkh, sy jadi bingung sudh bawa krtu kk ke kantor desa malah gk pernh dpt apa apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. komponen penerima PKH tidak hanya yg memiliki anak balita/anak sekolah, tapi juga apabila ada keluarga dengan penyandang disabilitas berat dan atau lansia diatas 60 tahun

      Hapus
  19. Sya mah komentarnya jangan ada lah program yg mendapatkan pkh.kacw ga bnr yg mendaptkan nya orang kaya semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan disuarakan ke desa atau kantor dinas sosial setempat

      Hapus
  20. Admin ini ada keluarga yg benar2 membutuhkan tapi tidak pernah ke jamah bansos apa pun. Seakan sudah tidak dianggap sama pemerintah. Gimn cara bantu.. Usia sudah uzur 70 an suami istri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika keadaannya sangat layak menerima bantuan tapi tidak layak, silahkan daftar secara online dan penjelasannya ada di link di bawah ini

      https://www.pkhpati.com/2022/10/cara-daftar-pkh-secara-online-atau.html

      Pastikan ybs sudah terdaftar/perekaman di data kependudukan dan catatan sipil dan statusnya sudah online

      Hapus
  21. saya sudah daftar usulan PKH secara online di aplikasi cek bansos, sudah ada respon dari dinas sosial nya di setujui
    tapi sampai saat ini saya blm menerima kartu pkh nya, apakah saya perlu menanyakakan langsung ke kantor nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika memang sudah melewati fase tersebut, masih ada proses penetapan dari kemensos (pusat) sbg penerima bansos dan penerbitan butab/KKS dari bank himbara

      Hapus
  22. kebijakan perihal pengajuan penerima bansos maupun verifikasi kelayakan sudah disosialisasikan oleh pemerintah pusat ke daerah,

    BalasHapus
  23. Daripada saling iri ....sekalian aja gak usah ada bansos...

    BalasHapus
  24. knapa saya pernah dapat pkh cair nya cuma 1 kali saja, sekarang udah 2 tahun gak pernah cair sama sekali, bagaimana cara pengajuan yang tepat, sekarang punya anak 3 yang nomer 1 SMP, yang nomer 2 sekolah SD, yang nomer 3 sekolah PAUD anak tiga2 nya semua masih membutuh kan biayaya knapa aq gak pernnah dapat bantuan sama sekali

    BalasHapus
  25. Saya daftar kok ada tulisan nya aplikasi eror silahkan hubungi admin. Ini gimana ya? Terimakasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum bapak atau ibu saya minta tolong dan tolong perhatikan saya dan saya dari dulu tidak penerima bantuan PKH dan lain lain dan daerah saya ini pinggir rel dan RT saya ini pilih pilih orang yang mau dapat bantuan dari pemerintah.

    BalasHapus
  27. Dan saya ini tinggal d kontrakan ya bapak atau ibu

    BalasHapus
  28. Saya sudah di data untuk pengajuan pkh..trs skrg katanya masih dlm proses yang saya mau tanya berapa lama dlm proses pkh

    BalasHapus
  29. Tai anjing cuman dipilih.saya pnya anak sklh dan yg satu usianya 0/6 th gk dapet sama sekali mangkanya cuman tempek anjing

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.