Bu Painah (tengah) mengambil KKS dan buku tabungan di Aula Kecamatan Jakenan ditemani Pendamping sosial (kiri) dan Ibu Murti (kanan)
Jakenan, pkhpati.com - Kamis, 8 Maret 2018 halaman kantor Kecamatan Jakenan dipenuhi oleh rombongan KPM dari Kecamatan Jaken, Kecamatan Jakenan, serta Kecamatan Pucakwangi. Jumlah KPM yang menerima penyaluran KKS berjumlah 1.107 KPM. Jumlah KPM tersebut telah tervalidasi oleh pendamping sosial PKH di masing-masing kecamatan, sehingga eligible untuk menerima batuan PKH.

Ibu Painah adalah lanjut usia(lansia) yang usianya lebih dari setengah abad ini hidup sendiri bersama cucunya yang masih bersekolah SD. Lansia asal Kecamatan Pucakwangi tersebut terlihat bahagia saat menerima KKS dan buku tabungan dari BNI. Ibu Painah dulunya bekerja sebagai pemulung, tetapi sekarang karena keadaan fisik yang sudah mulai renta beliau tidak mampu lagi berkeliling untuk mencari rosok.

Ibu Painah memiliki seorang anak yang sekarang sedang merantau di Jakarta, sehingga ia hanya tinggal bersama cucunya dirumah. Selama ini ia hanya mengharap kiriman dari anaknya yang  bekerja sebagai buruh bangunan di Jakarta. Saat anaknya belom mampu mengirimkan uang, ibu painah diberi makan oleh keponakan, atau tetangga sekitar tempat ia tinggal.

Pada tahun ini Ibu Painah memperoleh bantuan PKH. Dengan didampingi oleh ketua kelompok dan pendamping sosial, ibu Painah mengantri dengan sabar di dalam pendopo Kecamatan Jakenan. Ibu Painah tidak dapat membaca dan menulis, sehingga memerlukan dampingan. Ibu Murti yang merupakan ketua kelompok dengan sabar membantu dan menemani ibu painah.

“Alhamdulillah, kulo seneng (saya senang), bersyukur”tutur ibu painah

Rasa haru dan bahagia terlihat dari raut wajah beliau saat usai menerima buku tabungan dan KKS.