Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download APK Bantuan Sosial yang Berisi Cara Cek dan Cara Mendapatkan Dana PKH Beredar di WA dan Telegram Merupakan Modus Penipuan. JANGAN DIINSTALL!!!

Download APK Bantuan Sosial yang Berisi Cara Cek dan Cara Mendapatkan Dana PKH Beredar di WA dan Telegram Merupakan Modus Penipuan. JANGAN DIINSTALL!!!

Kembali marak di media sosial whatsapp dan telegram, pesan berantai melalui grup chat maupun chat pribadi yang isinya pesan cara cek dan cara mendapatkan Dana PKH periode bulan Maret s.d Mei 2023 dari pemerintah. Dalam pesan tersebut, juga disertai kiriman Surat Edaran dari Kemensos dan APK atau Aplikasi mobile yang diberi nama Bantuan Sosial.apk.

Adanya penyertaan file Surat Edaran Kemensos dalam format .pdf dan logo Kementerian Sosial dalam akun tersebut bertujuan agar si penerima lebih yakin bahwa pesan tersebut adalah benar dari Kemensos, padahal tidak dan ini jelas-jelas PENIPUAN. Pesan hoax seperti ini selalu marak beredar di media sosial ketika menjelang bansos dari pemerintah mulai disalurkan. Karena saat ini bertepatan dengan mulai disalurkannya bantuan PKH Tahap 1 Tahun 2023 dan Bantuan Sembako periode Januari dan Februari 2023.

Pada periode sebelumnya, si penipu membuat informasi hoax cara mendapat bansos dengan membuat alamat link pendaftaran bantuan PKH. Modusnya bermacam-macam, mulai dari pencurian data pribadi untuk didaftarkan ke pinjol, ada juga yang dihubungi oleh penipu via phone atau chat lalu disuruh mengirim sejumlah uang lewat rekening, atau juga dengan data pribadi yang telah dikirim nanti ada orang yang mengaku petugas sosial datang ke rumah yang ujung-ujungnya menipu dan mencuri barang berharga.

Yang saat ini beredar, modus dengan mengirim APK Bantuan Sosial juga sangat berbahaya. Jika mendapat pesan seperti di bawah ini, mohon agar tidak diinstal Aplikasi Bantuan Sosialnya. Karena sangat beresiko apabila Anda memiliki tabungan di rekening, apalagi ada aplikasi mobile banking yang terinstal di HP. Modus penipuan seperti ini sebelumnya juga sudah sering beredar di masyarakat dan juga sudah banyak sekali korbannya. Mulai dari APK undangan pernikahan, APK menang kupon undian, APK yang mengatasnamakan Bank Himbara, dan modus APK yang lain. 

Cara Cek Dana PKH (Program Keluarga Harapan) Rp. 7.000.000,-/bulan dari Maret s.d Mei 2023

1. Klik File Bantuan Sosial
2. Izinkan Whatsapp
3. Klik Kembali File Bantuan Sosial
4. Kemudian Instal
5. Masukkan NIK KTP tekan OK

CEK DANA PKH
PESAN DI ATAS ADALAH MODUS PENIPUAN DAN PENCURIAN !!!

Informasi ini saya tulis sebagai salah satu pendamping sosial, tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada siapa saja yang mendapatkan chat semacam itu, agar tidak diinstal, dan jangan diteruskan ke orang lain, karena sudah jelas-jelas penipuan. Langsung dihapus saja!!!

Jika menginginkan informasi yang valid cara mendapatkan bansos atau cara mendaftarkan bansos atau sekedar ngecek siapa saja penerima bansos, dapat menghubungi pendamping sosial dan aparat desa setempat. (Syarat dan ketentuan berlaku)


2 komentar untuk "Download APK Bantuan Sosial yang Berisi Cara Cek dan Cara Mendapatkan Dana PKH Beredar di WA dan Telegram Merupakan Modus Penipuan. JANGAN DIINSTALL!!!"

  1. norhasah punya anak tidak dapat bantuan pkh

    BalasHapus
  2. norhasanah anak tiga sekolah sdn.smp.sma.punya kartu pintar
    tidak dapat bantuan

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.