Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Pendaftaran Agar Mendapat Bantuan PKH Tahap 2 Dipastikan HOAX

Beredar info yang dishare di media sosial dengan judul "Dibukanya Pendaftaran PKH Tahap 2 melalui link pkh22.my.id" sudah dipastikan HOAX. Kemensos tidak pernah membuka jalur pendaftaran penerima bantuan PKH melalui link tersebut.

Karena sudah beredar luas melalui media sosial, banyak yang akhirnya menanyakan kepada pendamping sosial PKH tentang kebenaran dari link pendaftaran PKH terebut. Tentu hal ini sangat meresahkan, karena jika link pendaftaran dibuka akan disuruh memasukkan identitas pribadi seperti NIK / No KTP, seperti gambar di bawah ini. 

Link HOAX agar mendapat Bansos

Memasukkan data pribadi ke dalam link/web/situs yang tidak jelas seperti gambar di atas sangat bahaya dan jangan dilakukan. Karena tujuan dari pembuat link tersebut pasti untuk hal yang tidak baik dan data yang masuk dapat disalahgunakan. 

Untuk bansos dari Kementerian Sosial yang saat ini masih berlangsung yaitu PKH dan Sembako. Proses pendaftaran bansospun tidaklah seperti itu, karena ada mekasisme berjenjang mulai dari desa, pemerintah daerah hingga data sampai ke Kementerian Sosial. Pendaftaran sampai dengan penetapan sebagai penerima bansos juga ada proses dan waktu.

Dalam menerima info yang tidak jelas, masyarakat harus berhati-hati dan agar selalu mengecek kebenaran info tersebut sebelum menyebarkannya. Dan apabila mendapat share info seperti gambar di bawah, mohon jangan diteruskan, apalagi sampai percaya dan memasukkan data pribadi Anda. BAHAYA.
Info HOAX

Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share di media sosial Anda untuk mengcounter informasi hoax yang beredar.