Pati - Dalam rangka menanggulangi dampak ekonomi dari wabah covid-19, pemerintah telah memberikan berbagai jenis bantuan sosial, salah satunya adalah BPUM yakni Banpres Produktif untuk Usaha Mikro. Sasaran dari bansos ini tentu saja untuk mereka yang memiliki usaha mikro yang mana usahanya mengalami penurunan omset akibat lesunya ekonomi, dan yang sebelumnya telah mengajukan diri melalui instansi terkait, dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM.

Jika pengajuan telah disetujui dan memenuhi persyaratan, nantinya akan menerima SMS atau WA ke nomor yang sudah didaftarkan, yang bunyinya kurang lebih seperti ini "Nsb Yth ............ Pemilik rekening ...............Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM), hubungi BRI terdekat untuk verifikasi dan pencairan"

Setelah menerima SMS atau WA tersebut bisa datang ke BRI terdekat dan nanti akan disuruh melengkapi berkas agar bisa dilakukan pencairan bantuan tersebut.

Untuk pengajuan BPUM yang belum disetujui atau belum menerima SMS/WA, bisa dilakukan pengecekan melalui link yang disediakan BRI sebagai lembaga penyalur BPUM.

LINK => CEK PENERIMA BPUM (BANPRES PRODUKTIF UNTUK USAHA MIKRO)

Untuk tahap awal, realisasi Banpres Produktif untuk Usaha Mikro telah mencapai hampir 100 persen dengan total anggaran yang disalurkan mencapai Rp 21,861 triliun atau setara dengan 99,41 persen hingga 6 Oktober 2020.