Pati - Untuk mengatasi perlambatan ekonomi yang diakibatkan pandemi ini, pemerintah telah menyalurkan berbagai macam bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak. Bantuan sosial ini ada yang bersumber dari dana APBN, APBD I ataupun APBD II, yang bentuk bantuannya, sasarannya, pelaksana kebijakannya maupun durasinya berbeda-beda, diantaranya :

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Kemensos
  2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) / Sembako  oleh Kemensos
  3. Bantuan Sosial Pangan (BSP) / Sembako oleh Kemensos
  4. Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan lewat POS oleh Kemensos
  5. Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan lewat HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) oleh Kemensos
  6. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) oleh Kemendes PDTT
  7. Bantuan UMKM oleh Kemenkop UKM
  8. Subsidi Gaji Karyawan dan Program Prakerja oleh Kemenaker
  9. Dan berbagai macam Bantuan Sosial Tunai maupun Sembako yang sumber dananya dari APBD di setiap daerah provinsi/kabupaten/kota, yang mungkin berbeda-beda antara daerah yang satu dengan yang lain.
  10. Subsidi listrik, keringanan pinjaman bank dan lain sebagainya.
Dengan berbagai macam bansos ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan dapat menyentuh semua yang terdampak pandemi. Serta tercapai tujuan pemerintah agar perekonomian menjadi stabil dan pertumbuhan ekonomi tidak minus.

Mari kita selalu patuhi protokol kesehatan dengan selalu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun agar pandemi ini segera berakhir.

Apabila ingin memastikan menerima atau tidak bantuan sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial, dapat dicek melalui link di bawah ini :