Peserta Diklat FDS Kabupaten Pati
131 pendamping sosial PKH Pati mengikuti diklat daring (online) Family Development Session (FDS) dari tanggal 30 Januari hingga 14 Februari 2019. Peserta mendapatkan materi, pre-test, dan post-test sebelum melaksanakan diklat luring(tatap muka). Diklat luring dilaksanakan berdasarkan ranking yang di dapat peserta selama mengikuti tes diklat daring.

Pada tanggal 22 April sampai 1 Mei 2019, 42 pendamping sosial PKH Kab. Pati mengikuti diklat luring (tatap muka) Family Development Session (FDS) angkatan 33 dan 34 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Kemudian tanggal 7 sampai 16 Mei 2019, 55 pendamping mengikuti diklat luring FDS angkatan 45 dan 46 bertempat di hotel Sri Wedari.

Peserta mendapatkan materi - materi FDS mengenai materi Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Mengelola Keuangan, Kesehatan dan Gizi, Perlindungan Anak, serta Kesejahteraan Sosial. Selain mendapatkan materi di kelas, peserta diklat luring FDS akan mengikuti Praktik Belajar Lapangan (PBL) bersama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk menerapkan materi yang telah didapatkan di kelas.

Selama melaksanakan diklat luring FDS, banyak hal yang didapatkan oleh peserta.

"Dengan mengikuti diklat luring FDS, dapat memperkuat coaching fds yang telah didapat. Selain itu, kita disini juga bertambah relasi, ilmu dan pengalaman" ujar Pinkan Bening Ajuba, salah satu peserta dikla luring FDS angkatan 33.
Praktik Belajar Lapangan Diklat FDS
"Belum ada kendala selama mengikuti Diklat ini, karena kita enjoy dan senang" tambah Bening.