Proses Pemutakhiran Data Peserta PKH

Pendamping Sosial PKH Kabupaten Pati memulai entry pemutakhiran melalui E-PKH sejak akhir bulan Maret 2019. Sebelumnya pendamping telah mendapatkan pelatihan dari Koordinator Kabupaten (Korkab) dan Administrator Pangkalan Data (APD) di setiap Kawedanan sejak tanggal 18 – 23 Maret 2019.

Saat ini, E-PKH masih berfokus pada proses pemutakhiran data peserta PKH. Pemutakhiran data adalah proses perubahan data terkini sebagian atau seluruh data anggota keluarga penerima manfaat PKH. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan kondisi terkini dari peserta PKH dan memastikan pemutakhiran setiap ada perubahan.

Setelah beberapa hari melakukan entry pemutakhiran melalui E-PKH, Kecamatan Wedarijaksa merupakan Kecamatan pertama yang berhasil entry 100% pada tanggal 16 April 2019, disusul Kecamatan Winong tanggal 18 April 2019 dan Cluwak tanggal 22 April 2019.

Rusminah selaku Koordinator Kecamatan Wedarijaksa selalu memberikan kiat – kiat kepada rekan – rekan pendamping Kec. Wedarijaksa
“Tetep semangat tertanam di diri pendamping PKH Wedarijaka ingin selesai entry ranking 1 dan selalu siap lembur” ujar Rusminah

Beliau juga memotivasi rekan – rekan Kec. Wedarijaksa saat mengerjakan entry

“Jaga harga diri PKH, jangan sampai di oyak – oyak dari atas” tekad Rusminah

Selama proses entry E-PKH banyak kendala yang di alami.

“Kendala saat entry e-pkh itu saat servernya error dan susah sinyal” keluh Puji Utami pendamping Kec. Wedarijaksa

Meski melalui proses Panjang dan banyak kendala, namun karena tekad dan niat yang kuat, kini pendamping PKH Kab. Pati selesai entry e-PKH 100% pada tanggal 24 April 2019 sebanyak 63 ribu data.