Mbah Karyo saat bekerja di TPA desa Jetak
pkhpati.com, Pati - Sukaryo (82), atau yang kerap dipanggil mbah Karyo adalah seorang lansia peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dari Desa Karanglegi Kec. Trangkil Kab. Pati. Beliau mendapatkan bantuan PKH dari tahun 2016. Bantuan yang beliau dapatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dan berobat. Mbah Karyo menderita penyakit asma sedangkan istrinya menderita asam urat dan harus memakai jagrak.

Selain mengandalkan bantuan PKH, pada usia yang sudah tidak muda lagi, mbah Karyo masih gigih bekerja untuk menafkahi keluarganya. Beliau tidak ingin merepotkan anak-anaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya bekerja buat biaya sehari-hari dan berobat istri. Yang penting bagi saya jangan sampai merepotkan anak” ujar mbah Karyo.
Surat Penugasan di TPA Desa Jetak

Beliau bekerja sebagai petugas kebersihan dan penjaga container di Dukuh  Kalongan Desa Jetak Kec. Wedarijaksa dari pagi hingga petang. Tahun 1995, awal bekerja sebagai petugas kebersihan, beliau ditugaskan di TPA Pati, lalu pada bulan Desember 2012 beliau ditugaskan di Desa Jetak.

Banyak suka maupun duka yang beliau rasakan saat bekerja.

“Melihat masih banyak orang yang tidak peduli akan kebersihan lingkungan. Masih saja yang buang sampah sembarangan, padahal jika sudah malam kan ada penerangan jalan biar tidak gelap dan kelihatan tempat sampahnya.” ujar mbah Karyo
"Sering kali ketika malam hari daerah Kalongan terlihat sepi dan sangat rawan sekali sehingga sering terjadi penjambretan", tambahnya lagi
Mbah Karyo bersama Istri
Meski banyak kendala maupun duka yang dilalui, beliau masih gigih dan bersemangat bekerja.

“Jika sudah bekerja, jangan sampai merugikan perusahaan” tekad mbah Karyo