Sebuah kabar yang membahagiakan bagi saya saat mendapati pengumuman lolos seleksi rekrutment Pendamping PKH. Dari sekian banyak orang yang mendaftar, saya menjadi salah satu orang yang beruntung setelah sebelumnya harus melewati seleksi administrasi dulu kemudian mengikuti tes selama 8 jam yang bertempat di gedung BULOG Semarang.

Banyak suka duka telah saya lalui selama menjadi pendamping PKH, diantaranya pernah didatangi warga ke rumah minta untuk didaftarkan jadi peserta PKH maupun juga BPNT, dilaporkan kepada aparat kecamatan oleh suami KPM karena tidak terima dikeluarkan dari kepesertaan PKH padahal keluarganya sudah sejahtera, mata sakit saat entry validasi yang harus segera selesai sesuai deadline, bolak balik ke rumah warga saat pelaksanaan verval MPM maupun Validasi KPM PKH karena warga yang dimaksud tidak ada dirumah, dan sebangainya.

Dari sekian banyak peristiwa yang terjadi, saya tetap selalu merasa senang sekali menjadi bagian dari SDM PKH. Selain memiliki banyak teman dan saudara, saya juga mendapatkan banyak ilmu dan kemanfaatan, terutama bisa turut serta mengikuti DIKLAT FDS di BBPPKS Regional III Yogyakarta. Dari para KPM juga saya banyak belajar arti mensyukuri segala nikmat dalam setiap keterbatasan.

Kegiatan FDS bersama KPM

Hal yang paling mengesankan selama menjadi pendamping PKH diantaranya ialah di bulan-bulan terakhir saya bertugas di PKH, berhasil memotivasi KPM PKH untuk sadar dan mengundurkan diri dari kepesertaan PKH karena sudah bukan keluarga miskin, dengan jumlah KPM Desa Sitimulyo sebanyak 40 KPM,Desa Mencon sebanyak 5 KPM yang mengundurkan diri,ditangisi para KPM saat acara pamitan perpisahan hendak resign dari PKH. Serta sayabisa lolos CPNS Tahun 2018, salah satunya mungkin berkah dari do’a para KPM dampingan saya.

Harapan ke depan, semoga PKH selalu menjadi program terbaik pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Pemerintah Pusat dan wilayah tetap memberikan dukungan dan perlindungan bagi para SDM PKH dalam bekerja yang mungkin ada hal-hal yang tidak diinginkan, karena program bantuan sosial merupakan hal sensitif yang sering kali menimbulkan banyak permasalahan di masyarakat dalam pelaksanaannya.
Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan, atas kesempatan bergabung dan berkiprah menjadi Pendamping PKH. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa.Permohonan maaf juga saya sampaikan, kepada Kementerian Sosial RI dan seluruh jajaran Dinas Sosial Kabupaten Pati, teman-teman SDM PKH Kabupaten Pati atas kesalahan dan segala yang kurang berkenan selama kita bersama.



Uswatun Hasanah (ke empat dari kanan), beralamat di Desa Pucakwangi Kec. Pucakwangi Kab. Pati.
Jabatan : Pendamping PKH Kecamatan Pucakwangi
Kohort : 201
6