Nama    : Sabilillah Riski Nufandi
TTL       : Pati, 28 Nopember 2015
Alamat  : Gulangpongge Rt 03 Rw 02 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati

Lahir dengan kondisi ada benjolan di kepala. Bahkan, kata sang ayah, benjolan itu lebih besar dari kepala sang anak. Pernah terjadi pecah dan mengeluarkan cairan. Dari pemeriksaan dokter, dinyatakan bahwa itu merupakan kanker tidak ganas. 

Sekarang usianya sudah 2 tahun lebih, keadaannya sangat memrihatinkan. Riski hanya bisa tergeletak diatas kasur. Ketika digendong dengan posisi kepala diatas, tidak bertahan lama karena mungkin kepala sakit serasa ada sesuatu yang menariknya. 

Sejatinya, Riski anak yang periang, sebagaimana diceritakan oleh para tetangga. Akan tetapi karena kondisi dan juga mungkin menahan rasa sakit, terkadang Riski rewel.

Pada awal setelah kelahiran, pernah mengajukan JAMKESDA akan tetapi rekomendasi dari tim survey menyatakan tidak layak mendapatkan karena dianggap mampu. Kemudian mendaftar sebagai peserta BPJS mandiri kelas 3.

Karena kendala biaya, maka beberapa bulan terakhir BPJS tidak dibayarkan sehingga pelayanan dihentikan. Dengan beredarnya foto kondisi Riski di media sosial, kunjungan dan bantuan berdatangan. Termasuk dari LPPA Pati, pemerintah Kabupaten Pati, PMI, Pramuka, RSUD Soewondo beserta tim medis dan bantuan dari organisasi lainnya.

Setelah kunjungan tersebut, BPJS diminta untuk diaktifkan kembali. Pengajuan JAMKESDA yang sempat ditolak, kemudian dianulir oleh Wakil Bupati Pati sehingga sekarang dinyatakan sebagai peserta JAMKESDA sampai BPJS aktif kembali.
 
Berbagai upaya sudah dilakukan, sampai ke Rumah Sakit Karyadi Semarang. Karena terkendala biaya yang mahal, usia yang masih balita, dan berat badan yang tidak stabil operasi belum sempat dilaksanakan.

Rencana besok Senin, 15 Januari 2018 Riski akan dibawa ke Soewondo untuk menjalani pemeriksaan ulang. Dari yang dituturkan oleh ayah dari Riski bahwa nantinya untuk pihak RSUD Soewondo akan membantu dalam proses pemulihan nutrisi sehingga dapat mencapai berat badan ideal dan dapat dirujuk ke Rumah Sakit Karyadi Semarang untuk melakukan Operasi Besar.

Gunungwungkal, 11 Januari 2018

Oleh: Pendamping PKH Kecamatan Gunungwungkal