Peserta Lomba Baca Teks Proklamasi bersama Juri dan Panitia
Dalam rangka memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun, Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Dukuhseti mengadakan serangkaian kegiatan Pekan Agustus Merdeka. Diantaranya lomba baca teks proklamasi diselenggarakan oleh Pendamping PKH Kecamatan Dukuhseti. Bertempat di Aula Kecamatan Dukuhseti, acara berlangsung pada hari sabtu 26 Agustus 2017 pukul 08.00- 13.00 WIB.  Lomba  diperuntukkan bagi anak-anak KPM (Keluarga Penerima Manfaat )  yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). 

Perlombaan ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme dan meningkatkan keberanian, percaya diri anak-anak KPM PKH Kecamatan Dukuhseti memalui even pekan Agustus merdeka. Kriteria penilaian yang pertama adalah penampilan meliputi pakaian, sikap dan gerak tubuh, kriteria penilaian yang kedua adalah pengucapan meliputi vokal jelas, intonasi, teknik pembacaan, dan kriteria yang ketiga yaitu penghayatan meliputi ekspresi, gerak/mimik, sikap wajah (tidak kaku/tenang). Perhitungan waktu (durasi waktu 1 (satu) menit. Kriteria nilai 90-100 = sangat bagus, nilai 80-89= bagus, nilai 70- 79 = cukup, nilai 60-69= kurang, nilai 0-59 = sangat kurang.  

Kategori juara : juara I,II,III (uang pembinaaan, trofi, piagam) . Harapan I,II,III (Piagam). Naskah disediakan oleh panitia, peserta adalah anak-anak KPM PKH Dukuhseti Usia SD/MI. Sedangkan yang menjadi juri adalah Koramil Dukuhseti, Dinas Pendidikan Dukuhseti, serta Perwakilan dari Dinas Sosial. 

Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan Dukuhseti melalui Guru Prestasi Kecamatan Dukuhseti Ibu Sulastri S,Pd mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PKH Kecamatan Dukuhseti dalam acara Pekan Agustus Merdeka, Dia menerangkan kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan pembinaan yang bagus untuk meningkatkan keberanian anak - anak PKH untuk tampil di depan umum.

Dari koramil kecamatan Dukuhseti Pak Suwawi  mengajak agar anak – anak KPM tetap menjaga nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air. Hal ini sangat penting sebab tanpa cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi, pembangunan Indonesia dalam rangka mengisi kemerdekaan hanya akan bersifat hambar. Karena itu, lanjut dia, tak ada alasan bagi kita generasi penerus untuk tidak terus bersemangat mewujudkan cita-cita kemerdekaan .

Jumlah peserta 25 anak kpm, setiap desa mengirimkan 2 anak untuk mengikuti lomba di kecamatan dukuhseti ada 12 desa
Juara Lomba Baca Teks Proklamasi: Juara I Rizki Lailatul Nissa (tengah), Juara II Laila Alfi Ni'mah (kiri), Juara III Muh Akhyar (kanan)

Juara 1 dari desa kembang Rizky Lailatul Nissa dengan pemerolehan score 252
Juara 2 dari desa bakalan Laila Alfi Ni’mah dengan pemerolehan score 241
Juara 3 dari desa grogolan Muh Akhyar dengan pemerolehan score 239
Harapan 1 dari desa bakalan Laili Alfi Hidayah dengan pemerolehan score 238,3
Harapan 2 dari desa dukuhseti Lenata Equeena dengan pemerolehan score 238
Harapan 3 dari desa  dukuhseti Vika Aprilliana Putri dengan pemerolehan score 237


Oleh: Supriyanto