Sejumlah KPM melakukan edukasi penggunaan kartu ATM bersama Pendamping PKH

pkhpati.com, Pati – Dalam rangka menyukseskan bantuan sosial non-tunai Program Keluarga Harapan (PKH), Kementerian Sosial melalui Pendamping PKH melakukan edukasi terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Edukasi tidak hanya soal bagaimana cara mengambil uang lewat kartu ATM, tapi juga tentang kegunaan rekening, dan manfaat menabung.

Koordinator PKH Kecamatan Tayu, Dwi Probo Retno mengatakan, edukasi dilakukan sejak seminggu setelah penyaluran bantuan tahap I. Edukasi dilakukan per-kelompok dampingan masing-masing pendamping PKH.
 
“Edukasi dilakukan sejak tanggal 1 Agustus 2017 sampai sekarang, sehari bisa 3 kelompok”jelasnya.
 
Hal pertama yang diajarkan adalah tentang fungsi dan cara penggunaan kartu ATM yang didapatkan saat penyaluran bantuan tahap I bersama BNI. KPM diajak ke ATM terdekat, kemudian diajak untuk mempraktikkan cara mengambil uang melalui mesin ATM. Menurutnya, hal ini efektif karena KPM bisa mempraktekkan langsung fungsi kartu tersebut.
 
“KPM diajak ke ATM, antri mempraktikkan cara menggunakan kartu ATM  untuk mengambil uang”¬ ujarnya.

Menurutnya saat praktik penggunaan kartu ATM, KPM menunjukkan reaksi yang berbeda-beda. Ada yang takut, bahkan ada yang kartunya terblokir karena salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3 kali.
 
“Ada yang takut, ada yang gemetar, ada yang pusing-pusing juga. Terus juga ada yang ATM nya terblokir karena terlalu semangat sampai-sampai salah memasukkan nomor PIN ” tukasnya.
 
KPM di ajarkan mulai dari memasukkan kartu ATM ke mesin, sampai di tahap akhir melakukan tarik tunai dan cetak slip penarikan. Dengan bantuan non-tunai diharapkan KPM dapat mengambil bantuan secara mandiri. Tidak perlu mengantre dan berlama-lama saat mengambil dana bantuan.