Launching bantuan sosial non tunai PKH bersama Bupati Pati


pkhpati.com, Pati – Bupati Pati, Haryanto, melaunching penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan di Aula Kecamatan Pati, Rabu (26/07/2017).

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di kabupaten Pati ini menyampaikan bahwa bantuan non tunai PKH merupakan salah satu program untuk masyarakat kurang mampu. Beliau berpesan agar penerima bantuan dapat menggunakan dana tersebut dengan bijak.
“Jangan digunakan untuk beli pulsa ya bu, gunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kebutuhan pendidikan, serta kebutuhan kesehatan” katanya.

Dengan disalurkannya bantuan sosial melalui bank, Haryanto berharap agar masyarakat menjadi gemar menabung.

“Kenapa pakai tabungan? Agar uangnya tidak diambil semua. Agar masih punya simpanan di bank. Hal ini juga bisa mengedukasi masyarakat untuk gemar menabung,” imbuhnya

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang selain berfungsi sebagai kartu ATM juga berfungsi sebagai kartu belanja di e-warong. Dengan kartu tersebut KPM dapat berbelanja kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Nanti ibu-ibu akan menerima kartu (kartu KKS yang juga sebagai kartu ATM) yang selain dapat digunkan untuk mengambil dana batuan juga dapat digunakan untuk belanja di warung-warung yang ditunjuk pemerintah (e-warong),” ujar Bupati Pati dalam sambutannya.

Selain itu Haryanto berharap agar bantuan sosial non-tunai PKH ini dapat tepat sasaran.

“Bentuknya non tunai karena kalau bentuknya tunai masih bisa disiasati. Bisa-bisa yang bukan haknya malah ikut mengambil bantuan,” katanya

Bupati Pati, Haryanto, menaruh harapan besar agar dengan adanya bantuan PKH dapat mengentaskan kemiskinan di kabupaten Pati.

“Diharapkan bantuan PKH ini dapat tepat sasaran, diberikan kepada mereka yang memang membutuhkan bantuan. Sehingga dapat mengentaskan kemiskinan,” tandasnya.