Pendamping dan Peserta PKH berkumpul di Bendungan Kletek untuk Halal Bi Halal dan Lomba Mars PKH

Pucakwangi ( Kamis, 13 Juli 2017) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Terteg dan Desa Kletek  Kecamatan Pucakwangi  berbondong-bondong menuju lokasi Bendungan Kletek yang berada di Dukuh Rempelas, Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi.
Ibu-ibu KPM berangkat bersama-sama dengan naik motor. Ada yang sendiri, ada pula yang berboncengan. Mereka datang dengan wajah ceria dan semangat yang luar biasa. Hal tersebut dibuktikan dengan antusias dan kekompakan semua KPM yang menggunakan seragam sesuai kelompok masing-masing. Kelompok PKH Desa Kletek dan Desa Terteg ini adalah dampingan dari Pendamping Wiwik Supriyanti dan Muhammad Ardi Lestari. 

Kedatangan para KPM pada pukul 07.30 – 12.00 ke Bendungan tidak semata-mata untuk mengunjungi Bendungan Kletek yang sudah mulai dibuka untuk umum pada bulan Mei 2017, melainkan untuk mengikuti lomba MARS PKH dan halal bi halal yang diadakan oleh Pendamping PKH Kecamatan Pucakwangi. 

Lomba MARS PKH diikuti oleh sembilan kelompok dengan jumlah setiap kelompok sekitar 12-14 KPM. Adapun peserta PKH yang hadir dalam acara Lomba MARS PKH dan Halal Bi Halal ini sekitar 150 KPM. Acara ini diadakan pertama kali oleh Pendamping Kecamatan Pucakwangi, sehingga peserta PKH yang dituju untuk mengikuti baru dua desa, yaitu Peserta PKH Desa Kletek dan DesaTerteg yang secara geografis, lokasinya berdekatan dengan Bendungan Kletek.

Bendungan Kletek menjadi tempat pilihan untuk pelaksanaan Lomba MARS PKH karena selain alternatif lokasinya yang nyaman untuk melakukan kegiatan out door juga untuk mengenalkan lokasi wisata yang ada di Kecamatan Pucakwangi, baik untuk para KPM atau pendatang yang dari luar wilayah Desa Terteg dan Kletek. 

Hal tersebut juga disampaikan oleh bapak Kepala Desa Desa Kletek  dalam sambutan beliau “ bahwa harapannya dengan diadakannya kegiatan-kegiatan yang positif di Bendungan Kletek, maka Bendungan Kletek akan semakin dikenal oleh warga baik yang ada di Kecamatan Pucakwangi dan luar Kecamatan Pucakwangi. Harapan saya juga Bendungan Kletek bisa dikenal dengan sisi yang positif karena banyak kegiatan poitif yang diadakan di Bendungan Kletek.”

Lomba MARS PKH yang diadakan untuk peserta PKH ini bertujuan untuk mengenalkan KPM tentang MARS PKH beserta isi yang terkandung di dalam MARS. Selain itu, Koordinator PKH Kecamatan Pucakwangi, Wiwik supriyanti, S.Pd juga menjelakan di dalam sambutan beliau, “bahwa tujuan diadakan lomba ini adalah agar ibu-ibu KPM mengenal MARS PKH dan mengetahui tujuan adanya PKH, yaitu menjadi bagian dari rakyat yang hebat, dan berama-sama mendidik anak untuk menjadi anak yang cerdas dan sehat.”

Di akhir acara, diumumkan pemenang lomba MARS PKH, pembagian hadiah, dan pembagian door prise untuk Dirigen terheboh, peserta terbaik, dan untuk peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari Pendamping secara spontan. Adapun pemenang lomba MARS PKH adalah sebagai berikut.

Pemenang 1 diraih oleh kelompok Bungayati, Desa Kletek*
 
Pemenang 2 diraih oleh kelompok Melati, Desa Kletek













Pemenang 3 diraih oleh kelompok Kamboja,Desa Terteg.












Acara ditutup dengan halal bi halal dan bersalam - salaman dengan diiringi sholawat.

*Video Pemenang Juara I Lomba Mars PKH oleh Kelompok Bungayati bisa dilihat disini


Oleh: Nur Hasanah